in bisot eyes

banyakan sih arsip-arsip yang mendukung kerjaan gue

Outward dan Inward Manifest

Posted by bisot pada September 10, 2008

Dalam hubungannya dengan angkutan barang. Dirjen Bea dan Cukai (DJBC) bertugas mengawasi Lalulintas Barang Ekspor-Impor. Karena itu petugas BC harus mengetahui dengan pasti “semua Barang Niaga / Cargo (Ekspor-Impor) yang diangkut oleh sarana Pengangkut” baik pada saat Keberangkatan (meninggalkan kawasan pabean) maupun Kedatangan (memasuki kawasan pabean).

Untuk itu berdasarkan IMO Fal Convention tentang ‘Cargo Manifest” sarana pengangkut harus melengkapi diri dengan Inward Manifest yaitu daftar cargo yang dibawa saat datang/masuk Kawasan Pabean, dan Outward Manifes yaitu daftar cargo yang dibawa saat sarana pengangkut berangkat/keluar Kawasan Pabean.

Kedua dokumen yang menggambarkan arus lalulintas barang Ex-Im diproses melalui administrasi kepabenan menjadi tanggung jawab BC dalam kaitannya dengan “administrasi penyelesaian Formalitas/Kewajiban Kepabeanannya”

Inword/Outward Manifest merupakan alat kontrol terhadap semua dokumen Pemberitahuan Pabean serta semua bentuk kegiatan Pelayanan Kepabeanan. Makanya sama dokumen pelayanan Kepabeanan (BC 2.0 dst …) harus ‘me-Reffer (Menunjuk), Reconciliated dengan dokumen Manifest (BC 1.1)

Dari sisi pengawasan, Manifest (BC 1.1) merupakan sumber data/ informasi yang sangat penting. Manifest itu adalah Informasi awal untuk Analisa Inteljen yaitu “Pre-Clearance Control” juga alat untuk memonitor pergerakan dan penyelesaian barang ekspor-impor.

Persoalannya, masih banyak masalah saat masuk proses administrasi manifest, Manifest/ BC 1.1. Yang sering ditemukan masih banyak Pos BC 1.1 yang “terbuka” dan “Outstanding”. selain itu, sulitnya rekonsiliasi antara Outward Manifest dengan dokumen Pemberitahuan Ekspor barang, dan lain sebagainya.

Dalam perjalanan Inward / Outboard Manifest mengalami perubahan pengertian. Inward Manifest adalah daftar barang niaga yang diangkut oleh sarana pengangkut melalui laut, udara dan darat pada saat memasuki Kawasan Pabean. Sedangkan Outward Manifest adalah daftar barang niaga yang diangkut oleh sarana pengangkut melalui laut, udara dan darat pada saat meninggalkan Kawasan Pabean.

Pengangkut yang S/P datang dari/akan berangkat menuju Luar Daerah pabean dan Dalam Daerah Pabean dengan mengangkut Barang Impor, Barang Ekspor, Barang BC 1.3, wajib menyerahkan Inward Manifest dan Outward Manifest. Untuk Inward Manifest paling lama pada saat sebelum melakukan pembongkaran barang. Sedangkan Outward Manifest paling lama 24 jam sejak keberangkatan SP.

Uraian Barang (Description of Goods) pada I/m atau O/M harusah jelas. Uraian itu harus dapat diklasifikasikan kedalam 4 digit pos tarif BTBMI. Pelayanan atas setiap dokumen kepabeanan (PIB, BC2.0, BC 1.2 dll) akan menunjuk kepada setiap pos pada BC 1.1 dan secara otomatis akan menutup pos BC 1.1 tersebut. Pengangkut atau pihak-pihak lain yang bertanggung jawab atas barang dapat mengajukan perbaikan Manifest Kedatangan Sarana Pengangkut (Inward Manifest).

Copast dari Warta GAFEKSI No 54

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: