in bisot eyes

banyakan sih arsip-arsip yang mendukung kerjaan gue

H+3, Ketamine lagi?

Posted by bisot pada Oktober 6, 2008

Penyelundupan Psikotropika Rp 6,1 Miliar Digagalkan

bea cukai tangkap penyelundup ketamine dan shabu
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO / Kompas Images
Petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggelar barang bukti psikotropika di Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, Minggu (5/10). Psikotropika senilai Rp 6,1 miliar itu diselundupkan dua warga negara Taiwan Sabtu lalu.
Senin, 6 Oktober 2008 | 03:00 WIB

TANGERANG, KOMPAS – Dua warga Taiwan, YLT (40) dan CCW (40), diringkus petugas Bea dan Cukai serta Kepolisian Resor Metro Bandara Soekarno-Hatta. Keduanya kedapatan membawa 5.780 gram ketamine dan 340 gram methamphetamine atau sabu senilai Rp 6,1 miliar.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta Rahmat Subagio hari Minggu kemarin menjelaskan, kedua tersangka ditangkap pada hari Sabtu (4/10) pukul 14.00 setelah diperiksa melalui pemeriksaan sinar-X. ”Ketamine dan sabu ditemukan dalam dua koper berbeda yang dibawa tersangka,” kata Rahmat.

Ketamine dan sabu dikemas dalam plastik kecil seberat 51 gram. Bahan psikotropika itu dikemas lagi dalam bungkus makanan lebih besar. Dalam koper yang dibawa YLT ditemukan 2.840 ketamine, sedangkan dalam koper CCW ditemukan 2.940 gram ketamine dan 340 gram sabu.

Rahmat mengatakan, dua tersangka bertolak dari Hongkong naik pesawat Cathay Pasific CX 777. Keduanya tertangkap membawa sabu dan ketamine saat tiba di terminal kedatangan 2D Bandara Soekarno-Hatta.

Saat tersangka melalui proses customs clearance, petugas melakukan profiling terhadap penumpang dan barang yang dibawa. Salah satu barang yang dibawa tersangka terdeteksi sebagai bahan anorganik. Saat membuka koper, petugas menemukan kemasan makanan yang berisi bubuk kristal warna putih. Berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengujian, barang tersebut masuk jenis sabu dan ketamine.

Kedua tersangka terjerat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan. Tersangka bisa dijerat hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 300 juta.

”Menurut para tersangka, rencananya barang bukti akan dibawa ke seorang penadah di sebuah hotel di wilayah Jakarta Barat. Kasus ini kami teruskan ke polisi untuk diungkap lebih lanjut,” kata Rahmat.

Sepuluh kasus di Bandara

Berdasarkan catatan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, sejak Februari hingga Juli 2008, tercatat 10 kasus peredaran narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (narkoba) yang diungkap aparat Bea dan Cukai. Tujuh di antaranya kasus penyelundupan sabu, satu kasus kokain, dan empat kasus ketamine. Kasus-kasus tersebut melibatkan warga Thailand, Taiwan, Inggris, Malaysia, dan Indonesia.

Pada 20 Februari, aparat BC menggagalkan rencana penyelundupan 515,56 gram kokain oleh tersangka Lintana Waksri (27) dan Thitiral Charoensuk (24), keduanya WN Thailand, serta Michail Anthony Guevara (34) warga Inggris. Pada 29 Maret, penyelundupan 9.390 gram sabu terbongkar. Tiga warga negara Malaysia, Thor Le Hwa (36), Pe Mee Yee (33) dan Tan Sew Hua (42), ditangkap.

Pada 11 April, rencana penyelundupan 6.913 gram sabu digagalkan. Dua warga Taiwan, Huang Yu Lim (26) dan Huo Ting Liu (23), diringkus. Pada 24 April, petugas BC kembali menggagalkan penyelundupan 7.150 gram sabu oleh dua warga Taiwan, Tseng Wen Hu (35) dan Tseng Huan Lung (41). Pada 26 April, BC menggagalkan penyelundupan 3.000 gram sabu oleh Johannes Tharkan (34) dan Riky Carly Paterson (29), warga Indonesia.

Pada 5 Mei, warga Taiwan bernama Wang Chik Min (31) ditangkap karena membawa 2.553 gram. Pada 13 Mei, aparat BC meringkus warga Taiwan Chen Kuo Sung (50) yang membawa 2.400 gram sabu dan 400 gram ketamine.

Pada 28 Mei, warga Indonesia Hengki Nio (44) ditangkap karena membawa 2.000 gram sabu. Pada 12 Juli, penyelundupan 5.000 gram ketamine dan 200 gram sabu digagalkan. Tiga warga Taiwan, Wang Pee Pa (39), Tseng Kuo En (41), dan Yeh Yu Tsu (38), ditangkap. (ACI/AHA)

Related posting: Mr. Air Customs

Copy paste dari Kompas Cetak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: