in bisot eyes

banyakan sih arsip-arsip yang mendukung kerjaan gue

Lil note bout secret identity

Posted by bisot pada Oktober 6, 2008

Asas kehati-hatian versus Kebebasan Pers

CNT

Tampak pada gambar di atas petugas operasi menggunakan masker/penutup muka. Penggunaan Masker tersebut bukan sekadar untuk gaya-gayaan atau maksud lain kecuali sebagai penutup identitas.

Tertutupnya identitas petugas operasi berbanding lurus dengan jaminan keselamatan petugas ybs. Khususnya mengenai narkoba atau trans organized crime lainnya.

Memerangi trans organized crime, seperti pemutusan jaringan gelap narkoba jelas memerlukan penanganan khusus yang juga dilaksanakan oleh petugas khusus. Tidak heran jika khusus untuk menangani terorisme, POLRI memiliki Densus 88. Mengenai identitas anggota Densus tersebut, tentu saja pihak POLRI akan merahasiakan sebisa mungkin dan jikapun terbuka, hanya untuk kalangan terbatas.

Khusus untuk memerangi Narkoba, Ditjen Bea dan Cukai telah memiliki satgas khusus yang bekerjasama dengan baik dengan BNN (Badan Narkotika Nasional), POLRI dan instansi lainnya dalam negeri dan hubungan regional maupun internasional dalam setiap operasinya.

Penggelaran operasipun kadang dilakukan secara diam-diam dan kadang seperti show of force dan shock therapy tergantung misi operasi dan target yang akan di capai.

Tidak jarang dalam operasi-operasi tersebut juga dilibatkan insan pers, para wartawan akan mendapat panduan mengenai mana materi yang dapat diliput dan dapat di publish ke media dan yang off the record atau dapat dipublish dengan kondisi tertentu (misalnya setelah operasi selesai atau syarat lain).

Kiranya dapat dipahami tindakan aparat/petugas operasi di lapangan terhadap rekan-rekan wartawan yang kurang bersahabat jika wartawan tersebut tidak ditemani petugas saat meliput operasi yang sedang berjalan.

Dalam setiap operasi, akan ada pihak pengendali operasi dan kordinator/komandan lapangan. 2 pihak inilah yang dapat dihubungi mengenai ijin meliput dan 2 pihak inilah yang akan menunjuk petugas untuk menemani sang wartawan sebagai guide dan juga jaminan keamanan terhadap wartawan, karena petugas operasional dilapangan memiliki protap dan juklak yang ketat untuk menyelesaikan misi operasi. Para pelaksana operasi secara psikologis telah dilatih untuk bertindak segala hal yang perlu demi menyelesaikan misi, segala hal yang menghalangi pelaksanaan misi adalah halangan yang harus disingkirkan. Siapapun tidak ingin masuk dalam kategori “yang harus disingkirkan” terutama rekan wartawan.

Just a spark in my mind

Satu Tanggapan to “Lil note bout secret identity”

  1. haerul said

    Makasih bang atas infonya ini, akhirnya saya mengerti kenapa ada yg seperti pahlawan bertopeng,hehehheeheh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: